12 Parpol Usung Ketua Gerindra sebagai Gubernur Kalbar

PONTIANAK–MICOM: Mantan Bupati Kapuas Hulu AM Tambul Husin meramaikan bursa calon Gubernur Kalimantan Barat periode 2013-2018.

Kepastian pencalonan Ketua Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kalimantan Barat (Kalbar) itu dideklarasikan seusai pelantikan pengurus Partai Gerinda se-Kalimantan Barat di Pontianak, Selasa (22/11). Pelantikan dipimpin Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Tambul diusung oleh 12 partai politik yang tidak memperoleh kursi di DPRD Kalbar pada Pemilu 2009, kecuali Gerindra. Partai tersebut di antaranya, Partai Merdeka, Partai Republikan, Partai Pelopor, Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), dan Partai Demokrasi Pembaruan (PDP).

“Kami akan segera berkonsolidasi dengan partai-partai pengusung. Selanjutnya, pencalonan ini akan disosialisasikan ke masyarakat,” kata Ketua Panitia Deklarasi Abul Ainen.

Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) Kalbar akan berlangsung pada Oktober 2012. Selain Tambul dan Gubernur Kalbar saat ini, Cornelis, juga terdapat beberapa figur yang disebut-sebut bakal mencalonkan dalam pemilu kada tersebut. Mereka antara lain Ketua Partai Golkar Kalbar Morkes Effendi, Ketua Partai Demokrat Suryatman Gidot, Bupati Sintang Milton Crosby, dan Mayor Jenderal Armyn Alianyang. Armyn adalah mantan Kepala Staf Kodam
Tanjungpura dan kini menjadi staf ahli di markas besar TNI.

“Pak Tambul ini senior saya waktu di APDN (Akademi Pemerintahan Dalam Negeri). Jadi, kami masih satu guru, satu ilmu,” kata Cornelis saat pelantikan pengurus Gerindra. (AR/OL-01)