logo Kiani Kertas

Aktivitas Bisnis Prabowo Subianto Kiani Kertas

Kiani Kertas didirikan pada tahun 1990, dan meliputi area sebesar 3400 hektar untuk menampung pabrik kertas, perumahan karyawan, sekolah swasta, dan berbagai fasilitas bagi operasional perusahaan. Lokasinya berada sekitar 2km dari Sungai Berau di Propinsi Kalimantan Timur.

Kiani Kertas menghasilkan pulp berkelas dunia dengan kapasitas produksi 1500 ton perhari selama 350 hari pertahun. Perusahaan memperoleh bahan baku dari hasil perkebunan sendiri. Dengan perawatan kawasan dan fasilitas pergudangan yang mandiri, dan telah dianugrahi sertifikat ISO 900-2005 sebagai perusahaan dengan manajemen yang berkualitas tinggi.

Berdasarkan pada Laporan Sierlando pada tahun 2002 (dengan nilai tukar rupiah US$ 1.0= Rp. 9.280,-), Kiani kertas memiliki nilai total asset sejumlah US$ 788.44 juta, dengan US$749.68 juta mill assets dan US$38.76 juta non mill assets.

Fokus Kiani Kertas adalah untuk mendirikan dan mengembangkan standar internasional melalui teknologi canggih disertai manajemen modern. Dengan demikian perusahaan tetap bertekad untuk mempertahankan sumber daya alami kawasan melalui manajemen perhutanan yang berkesinambungan dan bertanggung jawab sosial melalui polese-polese yang memperhatikan kepentingan lingkungan.

Kiani Kertas juga menyediakan perumahan, klinik, sekolah beserta penitipan anak, pasar tradisional, fasilitas olah raga dan rekreasi pada kawasan perusahaan untuk 1300 karyawan beserta keluarganya. Fasilitas lain berikut landas pacu 2500 meter, fasilitas dock , pergudangan dan kawasan lindung

Dengan mengembangkan kawasan penadah air seluas 32.000 hektar di daerah pinggiran sungai Suaran, pengairan terhadap operasi kawasan dapat dilakukan dengan terkendali. Air yang dialihkan dari bendungan diproses melalui sistem pemeliharaan air untuk memurnikannya menjadi air layak pakai untuk penggunaan pabrik atau konsumsi sehari-hari. Area ini juga dirancang sebagai kawasan lindung untuk memelihara flora dan fauna yang ada di dalamnya serta meningkatkan keragaman sumber daya hayati.