Atlet Pelatnas Fokus Tingkatkan Fisik di China

Bola.net– Sekretaris Umum PB IPSI Erizal Chaniago menegaskan para atlet Pelatnas SEA Games sengaja menjalani latihan di China dengan harapan mereka memiliki disiplin tinggi dalam meningkatkan fisik setelah masuk tim inti.

“Berlatih di China, para pesilat diharapkan mendapat tempaan mental dan stamina sebelum diturunkan di multi event dua tahunan ASEAN ini. Dengan harapan, tim silat Merah-Putih mampu meraih juara umum di Jakarta,” ujarnya di Jakarta, Senin (26/9).

Strategi mengirim atlet ke China merupakan persiapan menuju multi event dua tahunan ASEAN pernah dilakukan tahun 2007. Hasilnya, tim silat nasional meraih juara umum ketika turun di Thailand.

Dikatakannya, melalui prestasi cukup bagus dengan mengumpulkan lima medali emas harus bisa diulang lagi ketika pesilat nasional tampil di Jakarta, November 2011.

Erizal menambahkan, sebagai tuan rumah SEA Games XXVI, memerlukan perjuangan ekstra keras dalam menghasilkan prestasi maksimal. Memantau dari kejuaraan dunia di Jakarta, pesaing ketat datang dari Vietnam khususnya di nomor tanding putri.

Sedang di putra, atlet nasional mendapat tantangan dari Malaysia. Melalui pertimbangan itu, akhirnya Ketua Umum PB IPSI, Prabowo Subianto mengintruksikan mengirim atlet silat melakukan training camp di China lagi.

Setelah melakukan penempaan di China, para pesilat melakukan latih tanding di tingkat nasional. Atlet yang bisa dijadikan sebagai latih tanding adalah atlet Pelatda Jabar.