Bangun Konfederasi, Gerindra Bersekutu dengan 6 Parpol

Partai Gerindra terus memperkuat jaringan menuju Pemilu dan Pilpres 2014. Sebagai ancang-ancang, partai politik besutan Prabowo Subijanto tersebut berencana membangun konfederasi dengan 6 yang disebutnya sebagai sekutu. Rencana ini diungkapkan Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto, usai rakernas di Hotel Redtop, Pecenongan, Jakarta. Acara berlangsung pada Sabtu (29/10/2010).

“Ada enam partai sekutu yang akan menandatangani kontrak konfederasi. Yakni Partai Buruh, Partai Merdeka, PPNUI, PNI Marhaenisme, Partai Kedaulatan dan Persi,” ujar Prabowo. Mantan Danjen Kopassus ini menuturkan, bisa saja di dalam perkembangannya jumlah partai sekutu anggota konfederasi Gerindra akan bertambah. Sebab, sejauh ini masih ada partai politik yang sudah menyatakan kesediaan untuk bergabung tapi belum bisa memutuskannya.

“Ada yang masing menunggu muktamar dan munas masing-masing,” terang Prabowo. Bentuk konfederasi ini akan berlangsung hingga menjelang persiapan mengikuti Pemilu 2014. Tahap selanjutnya partai-partai ini akan melebur dengan Gerindra.

“Ini sebagai permulaan. Mereka kemudian akan melebur sebelum Pemilu 2014,” terang Prabowo. Prabowo menuturkan, Gerindra membuka pintu seluas-luasnya kepada partai lain untuk bergabung dalam konfederasi tersebut. Gerindra menjamin konfederasi akan tangguh dan memihak kepentingan rakyat. “Karena ini adalah suara dari bawah kita terbuka. Siapapun yang merasa cocok dengan manifesto perjuangan kita, kami dengan gembira mengajak bahu-membahu bersama kami,” ajaknya.