Berharap Pagar Nusa Perkuat Silat Indonesia

Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia Prabowo Subianto berharap Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa bisa mengirimkan kader terbaiknya untuk memperkuat pencak silat Indonesia.

“Saya berharap Pagar Nusa bisa mengirimkan kader terbaiknya untuk IPSI, untuk Indonesia yang lebih baik di masa mendatang,” kata Prabowo saat menghadiri pengukuhan PP IPSNU Pagar Nusa di Pondok Pesantren Al Hamid, Jakarta, Minggu, seperti dilaporkan *Antara*.

Menurut Prabowo, saat ini negara-negara tetangga mulai fokus dalam pembinaan atlet-atlet mudanya, termasuk di cabang olahraga pencak silat. Karena itu, menurut mantan Panglima Kostrad yang kini menjadi Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu, Indonesia juga harus melakukan hal yang sama.

“Kita tidak boleh malu belajar dan mengaca pada apa yang dilakukan negara lain,” kata Prabowo.

Pada kesempatan itu, Prabowo menyampaikan dukungan terhadap rencana Pagar Nusa membangun padepokan, bahkan secara pribadi menyumbang Rp 100 juta bagi pembangunan padepokan tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum IPSNU Pagar Nusa Aizudin Abdurrahman menyatakan, pihaknya berencana membangun padepokan sebagai rumah bersama berbagai perguruan silat yang bernaung di bawah organisasi itu.

IPSNU Pagar Nusa berdiri 1986 sebagai wadah bagi perguruan-perguruan silat di kalangan NU, terutama di pondok pesantren yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia.