Fadli-Zon-Target-Pemerintah-Swasembada-Daging-2014-Tinggal-Mimpi

Fadli Zon: Target Pemerintah Swasembada Daging 2014 Tinggal Mimpi

Foto: Andi Nur Hamdi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Fadli Zon, Sekretaris Jenderal DPN HKTI kurang yakin target pemerintah mewujudkan swasembada daging 2014 akan tercapai.

Apalagi kata dia bila melihat, kebijakan perdagangan kita terlalu bebas. Sehingga malas mewujudkan swasembada.
karenanya, target pemerintah swasembada daging 2014 akhirnya tinggal mimpi. “Kini kita jadi tergantung pasokan asing, dan tidak berpikir strategis ke depan,” tegas dia, kepada Tribunnews.com, Jakarta, Jumat (8/2/2013).

Menurut Fadli, solusi yang tepat ialah membenahi mekanisme distribusi dan percepat produksi swasembada.

Dia tegaskan, percepatan produksi bisa dengan inseminasi buatan, perbaikaan kualitas pakan dan pengadaan sapi betina bibit dari pemerintah.

“Pasokan daging kita banyak, terutama di Jawa Timur, Jawa Tengah, NTB, dan NTT. Namun distribusinya tak dikawal secara baik,” jelas dia lebih lanjut.

Pun demikian, perbaiki transportasi sapi dari sentra produksi oleh BUMN (PT KAI, Pelni dan Angkutan Darat BUMN). Meningkatkan kualitas prasarana transportasi adalah hal strategis yang harus segera dilakukan pemerintah.

Jangan gegabah membuka keran impor lagi. Jika terpaksa impor, harus tepat. Impor sapi hanya boleh di luar sentra produksi dan kuota impor sapi di berikan kepada feedloters yang mampu membibitkan sapi.

Penulis: Srihandriatmo Malau | Editor: Johnson Simanjuntak

Sumber: tribunnews.com