Indonesia Jangan Jadi Bangsa Kepiting

Indonesia Jangan Jadi Bangsa Kepiting

Calon presiden nomor urut satu ini mengatakan betapa sulitnya bangsa ini untuk bisa maju. Penyebab paling utama adalah kultur. Menurut dia, kondisi ini dialami oleh hampir semua bangsa melayu lainnya.

“Saya sempat berbincang sama mantan Perdana Menteri Malaysia, Pak Mahathir Mohamad. Dia mengatakan kalau orang melayu itu seperti kepiting,” ujar Prabowo, Selasa 10 Juni 2014.

Waktu itu Prabowo langsung mengajukan pertanyaan apa yang dimaksud oleh Mahathir dengan dengan kepitin tersebut.

“Kepiting itu, jika satu mau naik ke pematang, kakinya pasti ditarik sama kepiting lain dari belakang,” kata Mahathir kepada Prabowo waktu itu.

Oleh sebab itulah, Prabowo sangat berharap Indonesia tidak menjadi bangsa kepiting yang tidak senang ketika melihat orang lain (sesama masyarakat Indonesia) maju.

“Kita wajib saling membantu suapaya bangsa ini bisa maju,” tegas Prabowo.

Menurut penilaian Prabowo, apa yang disampaikan oleh Mahathir itu memang sudah menjadi faktu dan terjadi khususnya di Indonesia, dan itu sangat sering sekali terjadi. Kata Prabowo, bangsa ini sangat sulit untuk memberi apresiasi dan dorongan pada sebuah prestasi.

“Kita lihat saja sepak bola, tim kita kalah, dan pasti akan dimaki-maki. Jika menang jangan perhatian, yang nyambut saja tidak ada,” katanya.

“Kita memiliki semangat gotong royong yang kuat dan harus dibangkitkan kembali,” kata Prabowo.