Kemarau panjang dampak El-Nino

Para sahabat sebangsa dan setanah air…

Mengacu pada ramalan BMG, musim kemarau tahun ini diduga akan sangat panjang, sehingga menyebabkan kekeringan yang cukup panjang pula. Ramalan ini sangat penting kita perhatikan, karena kalau saja menjadi kenyataan, tentu akan melahirkan berbagai masalah yang tidak gampang untuk diselesaikan. Salah satu nya adalah kondisi produksi pertanian khususnya beras sebagai kebutuhan utama bangsa kita di dalam negeri akan terganggu, yang ujung-ujung nya akan mengancam Ketahanan Pangan secara nasional.

Para sahabat sebangsa dan setanah air…

Dugaan BMG tentu bukan hanya sekedar “early warning”, namun juga memaksa kepada kita untuk mampu mengantisipasi serangan “elnino” yang dalam berbagai fenomena di negara-negara sahabat, seringkali menimbulkan tragedi kemanusiaan yang cukup memilukan. Artinya, kalau saja produksi pangan mengalami kegagalan karena adanya bencana kekeringan, maka ketersediaan pangan di dalam negeri akan terganggu. Konsekwensinya, swasembada beras yang sudah berhasil kita raih, pasti akan terancam dan menyebabkan dampak yang cukup kompleks di berbagai bidang kehidupan.

Para sahabat sebangsa dan setanah air….

Terlepas dari benar atau tidak nya ramalan BMG diatas, tentu tidak terlampau berlebihan jika mulai saat ini, kita perlu segera memikirkan langkah dan terobosan untuk mencari solusi nya. Kekeringan memang pernah melanda negeri ini. Dampak yang ditimbulkan nya pun sangat terasakan. Andaikan ketersediaan beras di dalam negeri terganggu, tidak menutup kemungkinan kita harus melakukan impor beras. Padahal, terdengar agak ironis, bila sebuah bangsa yang sudah memproklamirkan diri sebagai negeri yang berswasembada, ternyata kita harus melakukan impor beras kembali.

Para sahabat sebangsa dan setanah air…

Sebagai bangsa yang sudah teruji tentu nya kita tidak perlu gentar menghadapi kekeringan yang di duga akan sangat panjang. Namun begitu, kita tetap harus waspada dan berjuang keras untuk mengatasi nya. Kita percaya dengan daya juang yang pantang menyerah, dengan ilmu dan teknologi yang kita kuasai, Insya Allah, kekeringan yang cukup panjang ini pun akan mampu kita jadikan sebagai hikmah kehidupan dan bukan menjadi sebuah tragedi yang mengerikan.

Mari kita sambut ramalan BMG diatas dengan penuh kesungguhan untuk menghadapi nya sekaligus juga dengan solusi cerdas yang kita siapkan bersama…!

Salam,