Kinerja Prabowo Dianggap Mampu Tempatkan Militer Indonesia Nomor 1 di ASEAN

akarta – Director Survey & Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara mengatakan, kinerja Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) tidak perlu diragukan. Menurutnya, Prabowo mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Menhan di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Selain mampu menjaga kedaulatan di dalam negeri, Prabowo kata Igor juga bisa menempatkan Indonesia sebagai kekuatan militer nomor satu di Asia Tenggara. Indonesia mampu mengalahkan Vietnam, Thailand hingga Malaysia.

“Kinerja Pak Prabowo sebagai Menhan sangat bagus karena dia sebagai Menhan misalnya bisa menempatkan angkatan militer atau kekuatan militer kita nomor satu di ASEAN. Bahkan untuk ukuran dunia posisi Indonesia juga sangat strategis, itu bukan prestasi yang main-main,” kata Igor di Jakarta, Minggu (19/12).

Igor menuturkan, bergabungnya Prabowo ke kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin merupakan sebuah langkah positif bagi pemerintah. Karena selain dikenal secara ketokohan, mantan Danjen Kopassus itu memiliki track record yang diakui oleh dunia.

“Itu sebabnya misalnya dalam pengadaan alutsista, Indonesia menempati posisi pertama dibanding dengan negara-negara ASEAN. Kekuatan militer Indonesia juga diakui oleh lembaga think tank internasional sebagai kekuatan militer yang cukup dahsyat,” ujarnya.

Dalam hal penanganan Covid-19, Menhan Prabowo Subianto juga memiliki peran yang strategis. Dikatakan Igor, hal itu terlihat dari banyaknya fasilitas di Kementerian Pertahanan dikerahkan untuk membantu menangani pasien Covid-19.

“Kita tahu fasilitas di Kemenhan banyak digunakan untuk penanganan Covid-19. Misalnya pendirian rumah sakit darurat untuk menampung para psien,” imbuhnya.

Masih dikatakan Igor, berdasarkan banyak survei kinerja Menhan Prabowo kerap menduduki peringkat nomor satu. Dan hal itu merupakan sebuah prestasi karena tidak semua menteri Jokowi mendapatkan predikat serupa.

“Kinerja Pak Prabowo di kabinet Jokowi-Maruf itu nomor satu. Banyak survei yang yang mengatakan itu, tidak hanya satu dua,” tandasnya.