Nuansa Gerindra Semarakan Venue Silat SEA Games

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Suasana Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), venue cabang pencak silat SEA Games 2011, kemarin terlihat cukup meriah. Bukan hanya karena menyuguhkan partai 12 kelas nomor tarung, tapi suasana meriah juga karena kehadiran ratusan kader Partai Gerindra.

Dengan menggunakan seragam Partai Gerindra, mereka menempati salah satu sudut tribun penonton. Mereka bukan berasal dari kalangan pelajar ataupun mahasiswa. Namun, mereka terdiri atas ibu ibu dan para pria paruh baya.

Kader Gerindra ini khusus didatangkan untuk mendukung para ‘pendekar’ Merah Putih. Tak kalah atraktif dengan pendukung lainnya, mereka juga membawa sejumlah atribut partai, tetabuhan maupun bunyi bunyian untuk memompa semangat para pesilat tuan rumah.

Asep, kader Partai Gerindra, mengatakan bahwa sebanyak 400-an kader Gerindra dari berbagai wilayah di DKI Jakarta sengaja dimobilisasi untuk menjadi suporter. “Ketua Dewan Pembina Partai kami kan juga Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI),” jelasnya.

Asep mengaku tidak ada arahan khusus dari Prabowo Subianto. Semuanya dilakukan sebagai bentuk dukungan bagi putra-putri Indonesia yang berlaga di cabor pencak silat. “Biar Indonesia menjadi juara umum di cabor ini,” tambahnya.

Selain rajin menyuguhkan yel yel dan menyanyikan ‘Garuda di Dadaku’ untuk menyemangati pesilat Indonesia, mereka juga mengenakan atribut khusus sebagai bentuk dukungan kepada para pesilat Tanah Air. Dari pengamatan Republika, suporter dari kader Partai Gerindra ini juga rajin menyanyi dengan sesekali dikombinasikan gerakan tubuh. Alhasil, mereka nampak lebih dominan.