Pagi Ini, Deklarasi Koalisi Tambul

PONTIANAK – Partai-partai apa sajakah yang bekal mengusung Abang Tambul Husin maju ke perhelatan Pemilihan Gubernur Kalbar tahun depan akan terjawab hari ini (22/11). Dirangkai dengan pelantikan kepengurusan DPD Partai Gerindra Kalbar, pagi ini juga akan dilangsungkan deklarasi 12 parpol pengusung Abang Tambul Husin di Pontianak Convention Centre.

Deklarasi akan disaksikan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Kehadiran Prabowo dalam seremoni tersebut tidak hanya mengukuhkan kepengurusan Partai Gerindra Kalbar, juga menyaksikan langsung Ketua DPD Partai Gerindra Kalbar dipastikan bakal diusung 12 parpol menuju kursi KB1. Kepastian kedatangan Prabowo diungkapkan Abul Ainen, ketua panitia pelantikan pengurus Partai Gerindra se-Kalbar dan Deklarasi Abang Tambul Husin untuk Pilgub 2012, kemarin (21/11) di Pontianak.

“Dengan pelantikan ini maka legalitas Partai Gerindra Kalbar menjadi clear dan jelas bahwa Bapak Abang Tambul Husin adalah Ketua DPD Partai Gerindra Kalbar dan DPC 14 kabupaten/ kota semua sudah di-SK-kan,” ujar Abul. Kepengurusan yang baru ini, diungkapkan Abul, berdasarkan SK Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra, Nomor: 06/0639/Kpts/DPP-GERINDRA/2011, dengan mencabut SK kepengurusan periode sebelumnya. “Besok (hari ini) Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, siap melantik kita,” tandasnya.

Setelah pelantikan kepengurusan tersebut, dipaparkan dia bahwa jajaran Partai Gerindra se-Kalbar siap berkonsolidasi bersama koalisi 12 parpol dan yang lainnya, untuk mendeklarasikan Abang Tambul Husin maju dalam Pilgub Kalbar 2012. “Karena Partai Gerindra yang punya gawe, maka kita akan melaksanakan konsolidasi bersama 12 parpol pengusung pada setiap jajaran pengurus, demi menyatukan pendapat dan persepsi, untuk memenangi Pilgub Kalbar 2012. Selain 12 parpol tadi, masih ada beberapa parpol lain yang sekarang sedang dalam pembicaraan,” kata dia.

Ketika ditanya kapan target konsolidasi tersebut dicapai? Abul menyebutkan sekitar awal Desember 2011 dan Januari 2012 konsolidasi sudah selesai dilaksanakan. “Paling lambat awal Desember 2011 dan Januari 2012, konsolidasi sudah selesai dilaksanakan. Setelah itu kita akan melakukan sosialisasi Bapak Tambul Husin untuk Pilgub 2012,” ucapnya.

Abul kembali menegaskan bahwa sosok Tambul Husin memang sudah dikenal sebagai salah satu tokoh Kalbar. Meski demikian, tetap ada tugas untuk mereka agar lebih memperkenalkan mantan Bupati Kapuas Hulu dua periode tersebut ke seluruh pelosok Kalbar melalui berbagai instrumen, seperti atribut dan media sosialisasi yang ada. “Namun, kami tegaskan bahwa hal ini kita lakukan dengan tetap mengikuti dan mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” pungkas Abul. (ote)