PD Hargai Niat Gerindra Membentuk Konfederasi

Partai Demokrat (PD) menghargai upaya Partai Gerinda membangun konfederasi untuk menyongsong Pemilu 2014. Upaya penggabungan itu sejalan dengan semangat menyederhadakan jumlah partai politik yang digagas sejak lama. Demikian kata Wasekjen PD Ramadhan Pohan menanggapi kesepakatan Gerindra dengan 6 partai politik lainnya untuk membentuk konfederasi. Dia dihubungi melalui telepon, Sabtu (30/10/2010). “Gerindra bertindak konkrit dan berniat baik untuk penyederhanaan parpol. Di sisi lain ini juga pilihan realistis dan strategis dari parpol-parpol baru bersama Gerindra tersebut,” ujar Ramadhan.

Penggabungan partai-partai politik melalui konfederasi yang Gerindra tengah upayakan dinilainya sebagai niat baik. Sebab dengan jumlah partai peserta Pemilu yang lebih sederhana akan menghindarkan aksi-aksi sembarang orang atau kelompok hanya iseng membentuk parpol di luar dari tujuan logis dan idealis. “Harus diingat bahwa penggabungan parpol bukan dimaksudkan memberangus yang kecil-kecil. Tetapi Daripada berjuang sendiri-sendiri padahal platform dan garis perjuangan sama, kenapa tidak beraliansi saja sih?” papar Ramadhan.

Anggota Komisi I DPR ini mengaku belum bisa memperkirakan prospek dan besar kekuatan tawar dari konfederasi Gerindra bersama partai-partai kecil. Namun mengingat pelaksaan Pemilu 2014 masih sangat jauh, maka kesempatan panjang bagi mereka mematangkan konsep dan mengutakan jaringan. “Ini eksperimen baru, bahkan sebagai isu, ini masih¬† wacana baru. Karena itu sulit diprediksi bagaimana hasilnya nanti. Lebih baik wait and see dulu lah,” ujarnya.

Seperti diketahui Gerindra mengajak 6 partai politik lain yang disebutnya sebagai sekutu untuk membentuk konfederasi. Enam partai politik yang kelak akan melebur ke dalam partai besutan Prabowo Subijanto itu adalah Partai Buruh, Partai Merdeka, PPNUI, PNI Marhaenisme, Partai Kedaulatan dan Persi.