Pemilihan Presiden 2014 – Gerindra Yakin Mampu Usung Capres

JAKARTA- Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Fadli Zon mengungkapkan keyakinan bahwa partainya mampu mengusung calon presiden (capres) pada Pilpres 2014.

Gerindra sudah bulat akan mengusung Prabowo Subianto. Bermodal logistik yang mumpuni, Gerindra yakin bisa meraup suara signifikan pada pemilu legislatif sehingga memenuhi syarat mengusung capres sendiri. Dengan mesin partai yang memadai, Gerindra pun sangat optimistis Prabowo akan mengalahkan caprescapres lainnya.

“Saya kira kalau berbicara logistik setiap yang maju harus memikirkan itu. Kekuatan logistik menentukan kemenangan,” katanya di Jakarta, kemarin. Fadli memaparkan, secara logistik Prabowo cukup kuat. Namun, hal itu bukan alasan kuat kenapa Gerindra mencalonkan Prabowo.

Dia menegaskan, Prabowo diyakini akan membawa perubahan kepemimpinan yang lebih baik. “Kami tidak khawatir dengan masalah logistik karena itu sudah dihitung sejak awal.Kami lebih menekankan kepemimpinan bangsa ke depan,” ujar Fadli. Dengan modal logistik yang sudah aman itu, lanjut dia, pihaknya tinggal menajamkan visi misi capres agar bisa meyakinkan rakyat dan memenangkan pilpres.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem) Patrice Rio Capella kembali menyatakan bahwa partainya akan mengusung Surya Paloh sebagai capres di Pilpres 2014. Dia mengatakan, Surya punya kapasitas dan track record yang cocok untuk menjadi RI-1. “Melihat kapasitas dan integritas beliau,wajar Pak Surya Paloh menjadi bakal capres. Tapi kami belum memastikan waktu pengumuman resminya, ” kata Rio di Jakarta,kemarin.

Menurut dia, NasDem punya modal mesin partai yang solid untuk bisa mengusung capres di 2014 mendatang.Meski partai baru, antusiasme masyarakat menyambut kehadiran NasDem cukup tinggi karena diharapkan membawa perubahan. “Namun kita tidak mau gegabah. NasDem akan melihat perolehan suara pemilu legislatif sebelum memunculkan capres,”papar Rio.

Di tempat terpisah, Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning memperkirakan Megawati Soekarnoputri siap dicalonkan kembali sebagai presiden apabila partai memang meminta dan mendaulatnya. “Tandatanda seorang kader seperti itu, harus siap apabila menerima amanat dari partai dan saya percaya kalau memang suarasuara di PDIP menginginkan seperti itu, Mbak Mega pasti siap menerima pencalonan tersebut,” ujar Ribka.

Dia menegaskan, capres dari PDIP akan diputuskan melalui mekanisme yang ada, bukan oleh orang per orang. Keputusan itu juga akan melibatkan arus paling bawah, yaitu anak ranting hingga tingkat DPC dan DPD.“Ada aturan main, tidak grasa-grusu,” katanya.

Disinggung mengenai usia Megawati yang sudah 64 tahun, Ribka menyatakan bahwa hingga hari ini putri Bung Karno itu masih sehat,tegas dalam bertindak, dan cerdas dalam mengambil keputusan. Dalam memimpin rapat-rapat di DPP PDIP,Megawati masih sanggup berjam-jam, sementara kader yang lain sudah kelelahan.