PENCAK SILAT Prabowo: Jangan Anggap Hanya Sekadar Hiburan

Palu (ANTARA News) – Ketua Umum PB Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia Prabowo Subianto mengatakan masyarakat jangan menggangap bahwa olah raga hanya hiburan. “Saya tegaskan bahwa pencak silat, bukalah olah raga hanya sekedar hiburan, tetapi warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia,” katanya di Palu, Jumat.

Ia mengatakan pencak silat lebih dari olah raga. Karena merupakan warisan budaya para leluhur bangsa, maka wajib bagi kita untuk tetap menjaga dan memeliharanya. Setiap daerah di tanah air, termasuk Sulteng perlu terus memasyarakatkan serta mengembangkan olah raga pencak silat di kalangan, terutama di kalangan generasi muda. Menurut dia, bangsa yang besar, dan kuat kalau rakyatnya juga kuat.

Olah raga pencak selain selain membentuk mental, juga karakter. Kalau mental dan karakter rakyat kita kuat dan baik, maka sebesar apapun tantangan dan badai yang dihadapi bangsa Indonesia akan tetap kokoh dan tangguh. “Bangsa kita tidak akan diremehkan oleh bangsa lain,” ujar Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerinda itu. Ia berharap para pengurus IPSI Sulteng untuk mengembangkan terus olah raga tersebut di daerah ini.

Sulteng merupakan salah satu daerah yang telah melahirkan banyak atlet-atlet nasional, termasuk dari cabang pencak silat. Jika pembinaan berjalan dengan baik, niscaya semakin banyak atlet berprestasi di tingkat nasional, bahkan internasional dari Sulteng.

Kahadiran Prabowo di Palu selain melantik pengurus IPSI Sulteng yang baru masa bakti 2011-2015 yang dipimpin Longky Djanggola yang juga adalah Gubernur Sulteng terpilih pada Kamis malam, juga sekaligus akan menyaksikan langsung pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng periode 2011-2016.