Pencak Silat Targetkan Sepuluh Emas

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum PB Ikatan Pencak Silat Indonesia, Prabowo Subianto menuturkan, dalam perhelatan SEA Games 2011 ini, PB IPSI menargetkan bisa meraih gelar juara umum.

Pada sambutannya di acara pembukaan pertandingan Pencak Silat di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (12/10/2011), Prabowo mengaku bahwa ia yakin Pencak Silat mempu menyumbangkan minimal sepuluh medali emas,

“Sebagai tuan rumah, saya kira tidak ada pilihan lain kita harus juara umum, apalagi di negara sendiri, sebagai olah raga budaya Indonesia, pencak silat harus menjadi yang terbaik,” katanya.

Menurut mantan Danjen Kopasus itu, para Atlet sudah siap untuk bertanding, setelah menjalani latihan baik di dalam dan di luar negri.

“Melihat pengalaman di SEA Games Laos, kita berharap agar pada SEA Games 2011 giliran merah putih yang berjaya,” tambahnya.

Para Atlet telah ditempa selama lebih dari satu tahun, dan mereka telah menjalani pemusatan latihan di Shanghai China selama 3 bulan. Setibanya di China, mereka langsung mengikuti training camp di Secapa TNI AD, Bandung, Jawa Barat.

“Sebelumnya mereka juga telah menjalani uji coba mengikuti kejuaraan dunia di Jakarta, Singapura Open dan Belgia Open,” tutur Prabowo.

Pada SEA Games kali ini, PB IPSI menampilkan 24 pesilat yang akan turun pada 18 kelas. Kategori tanding putra sebanyak tujuh kelas, kategori putri sebanyak lima kelas, serta kategori tunggal, ganda dan regu sebanyak enam kelas.

Seluruh negara partisipan SEA Games juga menurunkan atletnya di cabang pencak Silat, kecuali Kamboja.