Politisi Lintas Fraksi Gabung ke HKTI Salah satunya, Ketua Fraksi Demokrat Mohammad Jafar Hafzah.

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) pimpinan Prabowo Subianto melantik sejumlah politisi lintas fraksi untuk menjadi pengurus. Salah satunya, Ketua Fraksi Demokrat Mohammad Jafar Hafzah yang dilantik menjadi Ketua Badan Pertimbangan Organisasi HKTI.

“Politisi lintas fraksi ini lebih memungkinkan HKTI untuk melakukan lobi produk hukum yang pro terhadap petani,” kata Prabowo disela pelantikan di Gedung Kementerian Kehutanan, Kamis 21 Oktober 2010.

Prabowo mengaku ada sekitar 40 anggota DPR dan mayoritas berada di Komisi IV bidang Pertanian. “Sebagian berasal dari fraksi besar,” kata dia. Badan pengurus organisasi itu merupakah hasil munas HKTI pada 13-15 Juli 2010.

Tampak juga Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad yang dilantik sebagai Wakil Ketua Badan Pertimbangan Organisasi HKTI. Wakil lainnya adalah Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar. Sementara sekretaris adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Rokhmin Dahuri.

Politisi lain yang jadi anggota, antara lain: Tanri Abeng, Ignatius Mulyono (Demokrat), Ali Masykur Musa (PKB), Ahmad Muzani (Gerindra), Akbar Faisal (Hanura), dan Ahmad Basarah (PDIP).

Dalam kesempatan itu Jafar Hafzah menambahkan HKTI tengah fokus pada dua undang-undang (UU), yakni UU Agraria dan UU Pembebasan Lahan. “Untuk kepentingan publik,” kata dia.