Prabowo: Pergantian Pius di BURT DPR Diatur Fraksi Gerindra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto tak mau komentari kabar pencopotan Pius Lustrilanang, kader Gerindra dari Wakil Ketua BURT DPR RI. Prabowo menjawab diplomatis, bahwa jika ada pergantian merupakan hal biasa.

“Dan itu, nanti pimpinan fraksi (Fraksi Gerindra DPR yang atur. Saya kira, pergantian, rotasi, itu biasa,” kata Prabowo saat ditemui di acara Halal Bihalal Partai Gerindra, Senin (12/09/2011).

Sebelumnya diberitakan, Pius Lustrilanang resmi diganti oleh Nur Iswanto untuk menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR. “Ya, Pak Pius tak lagi menjabat sebagai Wakil Ketua BURT DPR RI dan mulai hari ini berlaku,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon.

Menurut Fadli Zon, penggantian Pius sebagai Wakil Ketua BURT DPR RI dikarenakan berbagai hal. Mereka ingin terjadi rotasi secara keseluruhan di internal fraksi Gerindra agar semua anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra merasakan dan bisa berkiprah di badan-badan yang ada di DPR

“Pius selanjutnya hanya bertugas di Komisi VII DPR RI,” jelas Fadli. Ketika ditanya, apakah digantinya Pius tersebut dikarenakan soal tidak sejalannya Pius dengan Fraksi Gerindra dan DPP Gerindra soal gedung baru, Fadli hanya tertawa renyah.

“Hahaha, silahkan saja masyarakat menilai. Terlepas dari itulah,” kata Fadli singkat. Fadli menyebutkan, pergantian tersebut tidak hanya dilakukan pada Pius. Pergantian juga dilakukan terhadap Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) Ahmad Muzani yang digantikan oleh Sabar Subagyo.

“Surat pergantian di internal Fraksi Gerindra dibuat tanggal 16 Agustus 2011 lalu,” kata Fadli.