Prabowo Pimpin HKTI

Denpasar (ANTARA News) – Musyawarah Nasional VII Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) akhirnya secara aklamasi kembali memilih Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) periode 2010-2015.

“Karena mayoritas peserta munas secara aklamasi memilih Pak Prabowo, sehingga pelaksanaan munas dipercepat langsung dilakukan pemilihan tadi malam,” kata Komang Suarsana, MMA, salah seorang panitia munas yang dihubungi di Denpasar, Rabu pagi.

Sebenarnya sesuai agenda munas, pemilihan ketua umum DPN HKTI dilaksanakan Rabu (14/7). Namum karena desakan para peserta sehingga usai laporan pertangggungjawaban dan pemandangan umum diterima, langsung menetapkan Prabowo sebagai ketua umum HKTI.

“Memasuki dini hari tadi juga Pak Prabowo langsung ditetapkan sebagai ketua umum DPN HKTI periode lima tahun mendatang,” tandas Komang Suarsana yang juga Ketua HKTI Bangli, Bali.

Tanda-tanda Prabowo akan kembali menduduki jabatan untuk kedua kalinya sudah disampaikan sebelum munas berlangsung.

Ketua HKTI yang juga Sekretaris Panitia Munas, Fadli Zon, secara jelas mengatakan hampir semua pengurus DPD menghendaki Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra tersebut memimpin HKTI lagi.

Meski sempat diwacanakan sejumlah figur disebut sebut bakal bersaing dengan Prabowo seperti Osman Sapta dan Tatiek Suharto, namum begitu hari pertama munas, nama-nama tersebut tidak muncul dalam pemandangan umum.

Saat agenda pemandangan umum, pengurus dari 33 dewan pimpinan provinsi pada hari pertama hampir semua menghendaki mantan calon wakil presiden dalam pemilihan presiden tahun 2009 itu kembali menahkodai HKTI.

Dari informasi yang dihimpun, sebanyak 32 DPD yang secara aklamasi memilih Prabowo dan hanya satu DPD yakni Provinsi Bengkulu yang tidak mendukungnya.

Sementara, begitu Munas dibuka oleh Menteri Pertanian Suswono, para pendukung Prabowo dari Kabupaten Tabanan melakukan aksi dukungan kepada Prabowo untuk memimpin HKTI.

Pelaksanaan munas sendiri mengacu jadwal yang disampaikan panitia berlangsung sejak 12 hingga 15 Juli di Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar Selatan.

Sementara usai terpilih secara aklamasi, Rabu siang Prabowo akan menggelar jumpa pers terkait hasil hasil munas dan terpilihnya kembali dirinya sebagai Ketua Umum DPN HKTI.
(ANT/A024)