Prabowo Tokoh Terpopuler di Sektor Pertanian

JAKARTA – Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menyampaikan hasil survei persepsi publik terhadap kiprah tokoh yang memajukan dunia pertanian di Indonesia. Direktur Eksekutif Puskaptis Husin Yazid mengatakan, dari hasil survei yang dilakukan lembaganya, Prabowo Subianto masih menempati urutan pertama sebagai tokoh yang paling menonjol kiprahnya di bidang pertanian.

“Prabowo Subianto menduduki ranking pertama dengan pilihan 56,07 persen responden,” kata Husin, di Jakarta, Rabu (7/7/2010). Sedangkan mantan Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Siswono Yudohusodo menempati urutan kedua dengan 8,65 persen responden. Urutan ketiga, ditempati mantan Menteri Pertanian Anton Apriyantono dengan 2,1 persen responden dan mantan Menteri Pertanian Bungaran Saragih dengan 1,90 persen yang dipilih responden.

Survei yang dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menggunakan kuesioner ini dilakukan pada 2 hingga 24 Juni 2010 terhadap 880 responden dewasa dengan margin of error 3,5 persen dengan tingkat keyakinan 95 persen. Survei ini dilakukan di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Papua.

Selain itu, menurut Husin, sebanyak 38,18 persen responden menilai, Prabowo Subianto sebagai figur yang merakyat dan 10,91 persen responden lain memandang Prabowo sebagai figur yang memiliki kepedulian. “Sebagai Ketua Umum HKTI, Prabowo terbukti membawa kemajuan terhadap nasib petani dan memajukan bidang pertanian, itu dipilih 18,18 persen responden,” tandasnya.

Meski Prabowo menempati urutan pertama dalam survei Puskaptis, menurut Husin kalangan petani masih mengharapkan Prabowo tetap menjadi Ketua Umum HKTI. “Ini untuk kelanjutan program yang telah berjalan,” ujarnya.Husin menambahkan, sejumlah harapan masyarakat diletakan di pundak Prabowo di antaranya mampu mengupayakan pupuk murah, meningkatkan SDM pertanian, memperhatikan pertanian, dan mampu menstabilkan harga beras.(Iman Rosidi/Trijaya/ful)