Prabowo: Untuk Tahap Demokrasi PT 3 Persen Cukup

Jakarta – Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto menilai ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) untuk saat ini cukup pada angka 3 persen. Menurutnya, demokrasi yang baru berjalan di Indonesia tidak perlu menggantungkan PT terlalu tinggi.

“Untuk tahap demokrasi sekarang saya kira pangsa 3 persen saya kira cukup,” kata Prabowo usai memberikan pidato pembukaan Rakernas Tunas Indonesia Raya (Tidar), di Hotel Kaisar, Duren Tiga, Jakarta, Jumat (18/11/2011).

Meski begitu, Prabowo mengungkapkan partainya tidak merasa masalah bila ambang batas parlemen ditentukan dengan angka yang lebih tinggi. Berapapun PT yang akan diputus, Gerindra tidak akan keberatan.

“Kita sebetulnya percaya diri. Kita tidak ada masalah, kita akan ikut saja maunya mayoritas seperti apa. Tapi kita confident jauh di atas itu jadi kita tidak ada masalah,” ujarnya.

Sementara itu ketika ditanya apakah arah Partai Gerindra menjadi koalisi atau oposisi, Prabowo mengatakan kedua hal itu bisa saja dilakoni partai berlambang burung garuda itu. Namun sayangnya, mantan Pangkostrad ini enggan menjelaskan lebih detail.

“Masa strategi harus saya jelaskan di sini. Namanya saja strategi, harus rahasia dong,” tuturnya sambil tersenyum.