Presiden Belum Pernah Sebut Nama Menteri yang Akan Dicopot

Beberapa menteri anggota Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II yang santer diisukan akan dicopot merupakan hasil spekulasi elit politik. Sampai sekarang presiden selaku pemegang hak prerogatif belum pernah menyebut nama menteri yang akan dicopot maupun calon penggantinya.

Daniel Sparinga staf khusus presiden bidang komunikasi politik pada Jose Asmanu reporter Suara Surabaya di Jakarta, menjelaskan, soal isu reshuffle adalah masalah yang sensitif, karena menyangkut kehormatan, presiden, menteri yang diisukan akan dicopot dan nama calon penggantinya.

Kata Daniel, kalau memang akan ada reshuffle itupun setelah melalui proses tidak tiba-tiba apalagi hanya berdasarkan tekanan publik. Hanya presiden yang berhak menjelaskan. “Kalau ada yang mengaku memperoleh bocoran nama-nama menteri yang akan dicopot dan calon menteri itu hanya spekulasi politik,” kata Daniel.

Tujuh menteri yang diisukan akan dicopot adalah Menakertrans, Menpora, Menteri Perumahan Rakyat, Menteri ESDM, Menteri Kesehatan, Menteri BUMN, dan Menteri Hukum dan HAM. Sedang nama yang diproyeksikan menjadi calon menteri antara lain, Idrus Marham, Pramono Anung, Diah Pitaloka, Prabowo Subianto, Dien Syamsuddin dan Soekarwo Gubernur Jatim. Nama-nama ini ada yang membatah dan menyatakan tidak ada urusan dengan reshuffle.(jos/ipg)