Puskaptis-gerindra empat besar

Puskaptis: Gerindra Empat Besar

Jakarta -SURYA– Hasil survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) pada 24-28 Oktober menunjukkan Partai Gerindra menyodok ke posisi empat besar. Padahal, Pemilu 2009 Gerindra memperoleh suara nasional 4,46 persen atau urutan delapan dari sembilan partai politik yang memenuhi ambang batas parliamentary threshold (PT) 2,5 persen.  “Partai Gerindra ada di nomor urut empat setelah Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PDIP,” ujar Husin Yazid, Direktur Eksekutif Puskaptis, di Jakarta, Sabtu (30/10).

Meningkatnya ketertarikan publik terhadap Partai Gerindra, menurut Husin, disebabkan faktor Prabowo Subianto yang dianggap figur pengganti sosok Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) . Mencermati langkah Partai Gerindra jelang 2014 dengan masuknya enam partai politik ke Partai Gerindra dalam momentum Rapimnas III Partai Gerindra, Husin menegaskan hal tersebut merupakan langkah realistis dari partai politik.

“Itu pilihan realistis, karena perolehan suara Partai Gerindra akan meningkat dalam Pemilu 2014 mendatang,” cetusnya. Namun, Puskaptis belum bisa merinci persentase besaran dukungan publik. “Data masih di-input, namun trennya sudah terbaca,” katanya yang mengaku dalam waktu dekat pihaknya akan melansir hasil temuan Puskaptis. nic