Survei CSIS: Megawati & Prabowo Capres Terkuat

Riset yang dilakukan selama sepekan, 16 – 24 Januari 2012, menempatkan Mega sebagai kandidat calon presiden terkuat jika Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dilakukan hari ini.

Peneliti CSIS Philips Vermote, saat memaparkan hasil survei dikantornya, Rabu (15/2/2012) mengungkapkan, nama Megawati merupakan salah satu dari 20 nama yang dipilih pihaknya untuk ditanyakan kepada responden.Pemilihan 20 nama tersebut didasarkan atas kerapnya pemberitaan soal Pilpres 2014 yang memunculkan mereka. Namun dari 20 nama, mengerucut menjadi 12 nama yang mendapatkan apresiasi cukup tinggi dari responden.

“Bila pemilihan presiden diadakan hari ini, Megawati akan mendapat dukungan dari 10 persen pemilih, sementara Prabowo akan mendapatkan dukungan 6,7 persen,” terangnya.

Sementara itu figur-figur calon Presiden 2014 yang selama ini diasosiasikan dengan partai koalisi atau incumbent mendapatkan dukungan lebih rendah.

Mereka adalah Jusuf Kalla 5,6 persen, Sri Sultan Hamengkubuwono X mendapatkan dukungan 3,1 persen, Ani Yudhoyono 3 persen, Hatta Rajasa 2,3 persen dan Hidayat Nur Wahid 2,2 persen.

Berikutnya Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, mendapatkan dukungan 2 persen dan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto didukung 1,7 persen.

Sementara itu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum berbagai angka dengan masing-masing dukungan 1,2 persen.

“Sri Mulyani juga masuk dalam daftar, tetapi perolehannya sangat kecil. Boediono (Wapres) tidak dimasukkan,” ucapnya menjawab pertanyaan wartawan soal nama Sri Mulyani dan Boediono.